Wajib Bagi Kamu Untuk Tahu 3 Gejala Penyakit Malaria Sudah Tersebar Ke Tubuh



Jangan sepelekan malaria. Penyakit ini sangat berbahaya, bahkan mampu merenggut nyawa. Kenali gejalanya. Malaria menjadi penyakit yg paling banyak ditemukan di Papua, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, dan Maluku. Penyakit ini tergolong berbahaya, karena bisa merenggut nyawa penderitanya.

Malaria adalah penyakit yang ditimbulkan sang parasit Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, Plasmodium ovale, Plasmodium malariae, dan Plasmodium knowlesi. Di antara seluruh jenisnya, plasmodium falciparum & plasmodium vivax adalah penyebab malaria yang paling sering ditemukan di Indonesia.

Plasmodium falciparum

Kasus malaria yang paling berbahaya disebabkan oleh parasit Plasmodium falciparum. Jika nir ditangani dengan cepat, malaria akibat parasit jenis ini dapat menyebabkan komplikasi fatal. Selain itu, parasit ini juga sanggup mempunyai kekebalan terhadap pengobatan malaria baku.

● Plasmodium vivax

Plasmodium vivax menyebabkan tanda-tanda yang sedikit lebih ringan. Akan namun, parasit jenis ini mampu mengakibatkan keluhan malaria berulang karena parasit bisa bertahan hidup pada dalam organ hati selama 3 tahun.

Menurut kamu Apa saja gejala malaria itu?

Ketika terinfeksi parasit, pasien akan mulai mengeluhkan beberapa gejala sehabis satu minggu. Gejala malaria yg seperti dengan penyakit demam berdarah dengue, diantaranya:

  • Demam tinggi
  • Sakit ketua
  • Mual muntah
  • Berkeringat
  • Menggigil

apabila dipandang lebih pada, malaria akan menaruh tiga gejala khusus dari stadium penyakit. Keadaan ini dikenal sebagai trias malaria.

1.    Stadium dingin

Stadium dingin bisa berlangsung selama 15 mnt sampai 1 jam. Pada stadium ini, pasien akan menggigil. Selain itu, denyut nadi pula bisa meningkat tetapi terpantau lemah. Bibir & jari-jari pasien juga akan tampak pucat. Dapat ditemui adanya muntah dan kejang pada anak.

2.    Stadium demam

Setelah menggigil hebat, pasien akan mencicipi demam tinggi. Denyut nadi terasa cepat dan kuat, disertai sakit ketua dan mual juga muntah. Suhu tubuh pasien bisa semakin tinggi sampai 410C atau lebih. Stadium ini berlangsung antara 2-12 jam.

3.    Stadium berkeringat

Pada stadium ini, pasien akan mencicipi berkeringat poly hingga basah sekujur tubuh. Suhu tubuh menurun menggunakan cepat, bahkan sanggup mencapai nomor  pada bawah normal.

Apabila sehabis muncul tanda-tanda pasien tak segera menerima pengobatan yang tepat, dirinya akan mengalami aneka macam komplikasi. Keadaan ini mampu terjadi karena parasit plasmodium bersifat menyerang sel darah merah di pada tubuh.

Beberapa komplikasi serius akibat malaria yg tidak segera diobati dengan tepat, contohnya:

  • Anemia berat
  • Malaria cerebral
  • Kegagalan fungsi organ tubuh
  • Gangguan sistem pernapasan
  • Hipoglikemia alias kadar gula pada darah pada bawah normal
  • Dehidrasi
  • Tekanan darah menurun datang-datang.

Penyakit malaria nir bisa dianggap remeh, lantaran dapat merenggut nyawa bila nir ditangani segera. Karenanya, bila Anda mempunyai satu atau lebih gejala di atas, dan tinggal atau baru saja mengunjungi wilayah endemis malaria, jangan ragu buat segera berobat ke dokter.



Sumber: Klikdokter

0 Response to "Wajib Bagi Kamu Untuk Tahu 3 Gejala Penyakit Malaria Sudah Tersebar Ke Tubuh"

Post a Comment