Selain Bekam Bisa Mencegah Jerawat inilah Khasiat Lain Dari Terapi Bekam yang Harus Kamu Tahu



Bekam tak jarang dipilih menjadi terapi alternatif buat mengatasi beberapa kasus kesehatan. Namun apakah efektif?  Bekam menjadi terapi cara lain  yang semakin digemari banyak orang. Bahkan selebriti Hollywood misalnya Justin Bieber, Jennifer Aniston, Victoria Beckham, & beberapa lainnya pula sempat mencoba terapi yang satu ini.

Tidak dimungkiri, bekam memang menunjukkan berbagai manfaat sehat, dengan harga yg nisbi lebih murah daripada pengobatan konvensional lainnya.

Apa itu Terapi Bekam?

Kata bekam asal dari bahasa Arab “al-hijamah”. Ini menciptakan bekam memiliki makna menjadi tindakan penghisapan darah dengan indera menyerupai tabung; mengeluarkan darah berdasarkan permukaan kulit dengan proses penyayatan.

Terapi bekam dibagi sebagai 2 jenis, yaitu:

1. Bekam kering

Terapi bekam kering dilakukan menggunakan mengisap permukaan kulit memakai cangkir mini   yang telah dipanaskan sebelumnya. Setelah beberapa ketika, cangkir yang mengisap kulit akan dilepas. Selanjutnya terapis akan memberikan pijatan lembut di sekitar area tersebut tanpa ada proses pengeluaran darah. Tindakan ini menyebabkan kulit mengalami perubahan rona menjadi merah atau kehitaman selama tiga hari atau lebih.

2. Bekam basah

Bekam basah umumnya dilakukan selesainya proses bekam kemarau selesai. Pada prosedurnya, kulit akan ditusuk menggunakan jarum steril untuk lalu dipasangkan cangkir bekam kembali. Hal ini akan menciptakan sebagian mini   darah terhisap keluar.

Inilah Manfaat Tersembunyi terapi bekam

Mengutip page WebMD, berikut beberapa manfaat yang mungkin bisa Anda nikmati setelah menerima terapi bekam:

● Mencegah jerawat

Penelitian yg diterbitkan dalam tahun 2015 dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menjelaskan, terapi bekam bisa membantu mengatasi perkara jerawat di kulit. Bahkan, penelitian tersebut juga menyampaikan bahwa terapi ini bisa mencegah peristiwa herpes zoster dan membantu mengurangi rasa sakit.

Namun sayangnya, belum poly penelitian lanjutan yg mengonfirmasi manfaat pada atas. Dengan istilah lain, manfaat bekam buat mencegah jerawat, herpes zoster, dan mengurangi rasa sakit masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

● Mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah

Salah satu kondisi yg dapat mencetuskan migrain adalah sirkulasi darah yang nir lancar. Sementara itu, bekam merupakan terapi alternatif yg disinyalir bisa membantu memperlancar peredaran darah pada pada tubuh. Karenanya, bekam diyakini bisa membantu mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah.

Meski wajar, ternyata belum terdapat penelitian ilmiah yang secara spesitik sepakat dengan pendapat tersebut.

● Mengusir nyeri otot

Tarikan kulit yg didapatkan oleh cangkir bekam diibaratkan seperti gerakan pijat. Lantaran itu, terapi cara lain  ini dituding mendatangkan manfaat yang signifikan pada mengusir kasus nyeri otot.

Namun lagi-lagi, para pakar belum ada yg sependapat dengan asumsi tadi. Ini merupakan, manfaat bekam dalam mengusir nyeri otot masih belum bisa dibuktikan.

● Memperkecil risiko penggumpalan darah

Darah pada pada tubuh mampu tersumbat & membentuk gumpalan. Keadaan ini umumnya terjadi akibat tindakan operasi, penumpukan plak pada dalam pembuluh darah, atau kurang melakukan kegiatan fisik.

Sedangkan, misalnya telah disinggung sebelumnya, bekam adalah terapi cara lain  yang diduga mampu memperlancar aliran darah pada pada tubuh. Jadi, dengan melakukan terapi bekam secara rutin dan teratur, risiko terjadinya gumpalan darah menjadi semakin mini  .

Terkesan meyakinkan, namun sayangnya belum ada penelitian yg setuju dengan anggapan tadi. Dengan istilah lain, manfaat bekam buat memperkecil risiko penggumpalan darah masih menjadi indikasi tanya sampai ketika ini.

Itulah beberapa manfaat sehat yg mungkin dapat Anda nikmati menggunakan melakukan terapi bekam secara rutin & teratur. Meski manfaat tersebut belum terbukti secara ilmiah, tak terdapat salahnya apabila Anda ingin mencoba terapi cara lain  ini. Hal terpenting yg perlu diperhatikan ketika melakukan terapi bekam adalah kesterilan alat yg digunakan dan tingkat keahlian terapis yg menangani Anda. Selamat mencoba!

Sumber: Klikdokter

0 Response to "Selain Bekam Bisa Mencegah Jerawat inilah Khasiat Lain Dari Terapi Bekam yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment