Selain Bisa Untuk Diet, Inilah Manfaat Tersembunyi Dari Puasa Senin Kamis



Puasa Senin Kamis memberikan poly sekali manfaat, mulai menurut fungsi otak sampai jantung. Selain puasa Ramadan, di Indonesia poly pula yg melakukan metode puasa Senin Kamis. Sesuai namanya, puasa ini hanya dijalankan di hari Senin dan Kamis. Jika Anda galat satu yg rutin menerapkan puasa ini, beruntunglah Anda karena ada begitu banyak manfaat kesehatan yg bisa diperoleh.

Secara generik puasa tidak hanya menaruh manfaat spiritual, akan tetapi juga manfaat kesehatan bagi seorang yang menjalankannya. Puasa Senin Kamis termasuk pada kategori puasa yang dilakukan secara berselang. Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan yang mampu Anda rasakan ketika menjalankan puasa secara berselang:

Baca Juga: Inilah 5 makanan yang bahaya Untuk Ibu Hamil

1. Menurunkan berat badan

Saat berpuasa, tentu asupan Anda lebih sedikit dibanding orang yg tidak berpuasa. Kondisi ini dapat membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas.

Saat puasa, terjadi penurunan kadar hormon insulin, hormon pertumbuhan, & hormon norepinefrin. Keadaan ini dapat merangsang pembakaran lemak pada pada tubuh buat dijadikan sumber energi. Pembakaran lemak tersebutlah yang memengaruhi dalam proses penurunan berat badan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa puasa pada waktu singkat dapat meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh hingga tiga,6–14%. Artinya, pembakaran kalori pun sebagai lebih cepat.

2. Meningkatkan fungsi otak

Saat berpuasa dilakukan secara berselang, tubuh akan menaikkan pertumbuhan dari sel saraf yg baru. Dengan demikian, fungsi otak jua lebih meningkat.

Selain itu, kadar hormon otak bernama brain-derived neurotrophic factor (BDNF) akan meningkat ketika puasa. Kekurangan hormon tadi dihubungkan menggunakan insiden depresi & perkara gangguan pada otak lainnya. Hormon BDNF ini diduga pula berperan pada melindungi otak menurut penyakit, misalnya Alzheimer dan Parkinson.

3. Menyusutkan risiko kanker

Puasa dianggap bisa menurunkan risiko seorang buat mengalami kanker. Pada sebuah penelitian yang dilakuka terhadap hewan, puasa yang dilakukan secara berselang bisa membantu pada upaya pencegahan kanker. Sedangkan penelitian pada manusia masih wajib  dilakukan & didalami lebih lanjut.

Di samping itu, berpuasa bisa menurunkan banyak sekali macam imbas samping kemoterapi pada penderita kanker yang berpuasa.

4. Melindungi organ jantung

Puasa yg dilakukan secara berselang bisa membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, & gula darah.

Beberapa hal tadi adalah faktor-faktor risiko yg bisa meningkatkan kemungkinan mengalami penyakit jantung, jika tidak dikontrol menggunakan baik. Nah, jika faktor-faktor risiko tadi diatasi, maka pembuluh darah akan sebagai lebih sehat.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa yang dilakukan secara berselang dianggap bisa menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena puasa dapat membantu menurunkan kerusakan jaringan pada dalam tubuh dampak radikal bebas. Radikal bebas juga acapkali dikaitkan dengan terjadinya penuaan dan penyakit-penyakit kronis.

Tak hanya itu, puasa bisa menekan mekanisme berdasarkan proses peradangan pada dalam tubuh, yang pada akhirnya bisa membantu tubuh pada mencegah aneka macam penyakit.

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda rasakan saat menjalankan puasa, termasuk puasa Senin Kamis. Karenanya, puasa tidak hanya berkaitan dengan tujuan spiritual, namun bisa dijadikan cara buat memperoleh tubuh yang lebih sehat. Tetapi sebelum menjalankan puasa, pastikan tubuh Anda berada dalam keadaan sehat, ya.


Sumber: Klikdokter

0 Response to "Selain Bisa Untuk Diet, Inilah Manfaat Tersembunyi Dari Puasa Senin Kamis"

Post a Comment