6 Kebiasaan Buruk Ini Sering Menyebabkan Kolestrol Tinggi Pada Seseorang



Penderita kolesterol tinggi seringkali nir mengalami tanda-tanda apapun. Hindari kebiasaan jelek penyebab kolesterol tinggi. Apa saja? Kolesterol pada kadar normal memang diharapkan oleh tubuh Anda. Namun, jika kadar kolesterol darah Anda tinggi justru dapat menyebabkan penyakit yang fatal, seperti darah tinggi (hipertensi), diabetes, jantung dan stroke. Lantas, kebiasaan tidak baik apa saja yang dapat mengakibatkan kolesterol tinggi?

Kolesterol terdapat di semua sel tubuh buat menciptakan hormon & membantu mencerna makanan. Kolesterol pada tubuh diangkut sang lipoprotein. Terdapat 2 macam lipoprotein, yaitu HDL (High Density Lipoprotein) dan LDL (Low Density Lipoprotein).

HDL merupakan kolesterol baik yang membawa kolesterol menurut tubuh ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh. Sedangkan, LDL adalah kolesterol dursila yang bisa menyebabkan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah Anda.

Kolesterol tinggi terutama LDL dapat menyebabkan beberapa penyakit yg membuahkan fatal bagi tubuh seperti agresi jantung dan stroke.

Inilah Kebiasaan buruk penyebab kolesterol tinggi yang Wajib Kamu Tahu

Kolesterol tinggi nir menaruh tanda & tanda-tanda apapun. Biasanya kondisi seseorang terkena kolesterol tinggi diketahui menggunakan tes darah. Tanda dan gejala umumnya muncul saat kolesterol tinggi sudah menyebabkan penyakit dalam tubuh.

Kemungkinan seorang mempunyai kolesterol tinggi juga dipengaruhi sang riwayat famili. Apabila orang tua Anda mempunyai kolesterol tinggi, Anda memiliki kemungkinan 2 kali lebih akbar buat menderita kolesterol tinggi pula.

Namun, kolesterol tinggi lebih dipengaruhi oleh faktor gaya hidup. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yg dapat menyebabkan kolesterol tinggi:

1. Kebiasaan makan sehari-hari

Kualitas & kuantitas menurut makanan yg Anda konsumsi sehari-hari merupakan faktor penentu terbesar menurut kadar kolesterol Anda. Sering mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi seperti daging merah, jeroan (otak), makanan bahari (udang, cumi), produk susu dan kuliner olahan & cepat saji (terutama goreng-gorengan) dapat mengakibatkan tingginya kolesterol jahat dan rendahnya kolesterol baik.

Konsumsilah makanan yg tinggi lemak baik & sayuran buat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan yg tinggi akan lemak baik seperti

ikan salmon, sarden, tuna yg tinggi akan asam lemak omega 3
butir alpukat, kacang-kacangan (almon, hazelnut, kenari) & minyak zaitun yg kaya akan lemak tidak jenuh
sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan kangkung yang mengandung asam lemak omega 3
telur mengandung omega 3, namun perlu diingat batasi cukup satu butir setiap 2-3 hari sekali
Makanan di atas bisa dinikmati menggunakan cara direbus, dipanggang, ditim atau dikukus. Hindari menggoreng dengan minyak karena sama saja mengandung kolesterol jahat.

2. Gaya hayati sedentari

Gaya hidup yg kurang aktif berkecimpung diklaim gaya hayati sedentari. Ketika Anda kurang aktif, tubuh akan kehilangan kemampuan buat membarui lemak sebagai energi, sebagai akibatnya lemak akhirnya disimpan & menumpuk. Lemak tersebut yg mengakibatkan tingginya kadar kolesterol jahat.

Lakukanlah olahraga secara teratur minimal 30 mnt setiap harinya supaya kadar kolesterol terkontrol. Olahraga yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat merupakan olahraga kardiovaskular seperti berjalan atau bersepeda.

3. Memiliki berat badan berlebih atau obesitas

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas akan lebih rentan menderita kolesterol tinggi dibandingkan orang menggunakan berat badan ideal yg stabil.

Lemak yang terakumulasi dalam orang menggunakan berat badan berlebih menurunkan kemampuan tubuh untuk mengeliminasi lemak pada dalam pembuluh darah. Sehingga berisiko terjadinya plak pembuluh darah. Menurunkan indeks masa tubuh (IMT) sebanyak 10% saja dapat mencegah penyakit kardiovaskular yang parah.

4. Skinny fat

Orang kurus juga dapat memiliki kolesterol tinggi. Orang yang nir mudah mengalami kenaikan berat badan justru acapkali tidak memperhatikan asupan makan mereka. Kondisi ini menciptakan  mereka merasa bisa mengkonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol secara berlebihan.

Justru orang kurus yang seringkali dianggap sebagai skinny fat ini tak jarang memiliki pola makan yg nir sehat. Orang yg skinny fat justru mungkin lebih berbahaya kesehatannya dibandingkan orang yang obesitas. Riset mengambarkan bahwa 1 pada antara 4 orang yg kurus mengalami obesitas secara metabolik atau prediabetes.

Istilah MONW atau Metabolically Obese Normal Weight dibuat buat orang yang memiliki berat badan ideal tetapi mempunyai lemak tubuh yg banyak. Orang diabetes yang kurus lebih berisiko kematian dibandingkan orang diabetes yg obesitas.

Oleh karena itu, jangan meremehkan kesehatan bila Anda bertubuh kurus. Mungkin saja Anda mempunyai lemak & kolesterol tinggi. Jangan lupa buat selalu melakukan gaya hidup sehat yaitu diet sehat & olahraga teratur. Rutinlah melakukan pemeriksaan kesehatan.

5. Stres

Stres herbi kebiasaan diet yg kurang sehat dan berat badan yg lebih tinggi, terutama pada laki-laki . Diet yg kurang sehat tentunya merupakan faktor risiko kolesterol tinggi.

Studi lain yg melibatkan 90.000 orang menemukan bahwa mereka yg mengaku stres di tempat kerja mempunyai kadar kolesterol yg nir normal. Kondisi tersebut mampu berupa  total kolesterol tinggi, kolesterol baik rendah dan kolesterol jahat tinggi.

Hal tersebut mungkin ditimbulkan oleh tubuh yg mengeluarkan hormon kortisol ketika stres. Kadar kortisol yang tinggi pada jangka ketika yg lama   menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Hormon adrenalin pula akan dilepaskan oleh tubuh & memicu trigliserida yang bisa meningkatkan kolesterol jahat.

Stres memang nir bisa dihilangkan berdasarkan kehidupan. Tetapi, stres bisa diatasi menggunakan melepas beberapa kewajiban yang melelahkan atau berolahraga lebih teratur. Bercerita kepada famili terdekat juga bisa membantu melepaskan sedikit beban dari stres.

6. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan

Alkohol pada jumlah poly merupakan faktor risiko kolesterol tinggi. Racun dalam alkohol bisa memengaruhi fungsi jantung, pembuluh darah dan organ hati.

Sehingga tubuh sulit buat membakar kolesterol & kadarnya menjadi tinggi pada tubuh & terakumulasi dalam pembuluh darah. Hindari mengkonsumsi alkohol secara berlebihan agar terhindar berdasarkan kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi berhubungan dengan banyak penyakit yg mematikan. Rutinlah melakukan tes kadar kolesterol & hindari kebiasaan tidak baik pada atas!

Sumber: Klikdokter

0 Response to "6 Kebiasaan Buruk Ini Sering Menyebabkan Kolestrol Tinggi Pada Seseorang"

Post a Comment