Begini 5 cara Mudah Untuk Mencegah Gagal Jantung Kongestif yang Sangat Ampuh



Kamu tahu tidak apa itu Gagal Jantung Kongestif? Gagal jantung kongestif seringkali terjadi dalam orang yang sudah tua. Ketahui cara mencegahnya! Gagal jantung, atau dikenal jua dengan gagal jantung kongestif, merupakan suatu syarat saat jantung tidak dapat memompa cukup darah buat memenuhi kebutuhan tubuh. Gagal gantung bukan berarti jantung berhenti bekerja. Sebaliknya, kekuatan memompa jantung lebih lemah dari umumnya.

Tanda dan gejala berdasarkan gagal jantung kongestif bisa bervariasi dalam setiap orang. Dapat terjadi datang-datang atau berkembang perlahan. Gejalanya yang spesial   meliputi sesak napas ketika beraktivitas atau beristirahat (dan sanggup memburuk waktu berbaring), kelelahan, & pembengkakan pada kaki.

Apabila Anda merasa memiliki tanda-tanda tersebut, jangan ragu buat menemui dokter. Nantinya dokter mungkin akan merujuk Anda ke ahli seorang ahli jantung. Ada beberapa tes yang direkomendasikan untuk gagal jantung kongestif, antara lain elektrokardiogram, ekokardiogram, MRI, tes darah, & kateterisasi jantung.

Umumnya gagal jantung kongestif ditimbulkan sang penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Kondisi ini paling seringkali terjadi pada orang berusia 65 tahun atau lebih, orang dengan kelebihan berat badan, orang menggunakan riwayat agresi jantung. Pria jua lebih rentan dibandingkan perempuan  .

Gagal jantung kongestif dapat makin memburuk seiring berjalannya waktu, terutama apabila tidak ditangani menggunakan baik. Kondisi ini juga umumnya nir dapat disembuhkan. Tetapi, gejalanya masih dapat dikontrol dengan pola hidup sehat & 

Ternyata ini Cara Untuk Mencegah gagal jantung kongestif

Untuk menurunkan risiko gagal jantung kongestif, terdapat beberapa cara yg dapat Anda lakukan, seperti:

  • Tidak merokok atau berhenti merokok. Jika Anda merokok dan belum mampu berhenti, sebaiknya bicarakan menggunakan dokter agar dapat ditangani dengan terapi. Menjadi perokok pasif pula sama berbahayanya. Bila Anda satu rumah menggunakan seorang perokok, mintalah ia buat merokok di luar.  


  • Menjaga pola makan. Diet yang mengagumkan untuk kesehatan jantung merupakan pola makan yang kaya sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Untuk susu atau produk susu, pilihlah yang rendah lemak atau bebas lemak. Anda juga nir boleh melupakan asupan protein. Makanan yang harus dihindari adalah garam (sodium), gula tambahan, lemak padat (mentega, margarin, & sebagainya), dan biji-bijian olahan. 


  • Olahraga. Bergeraklah aktif dengan rutin berolahraga. Berjalan kaki, bersepeda, & berenang merupakan pilihan olahraga yg baik. Jika Anda belum terbiasa berolahraga, mulailah menggunakan 15 mnt sehari & tingkatkan intensitasnya perlahan. Anda dapat mengikuti kelas-kelas olahraga atau mendaftar pada gym, jika merasa kurang semangat berolahraga sendirian.   


  • Perhatikan berat badan. Berat badan yang berlebihan bisa membebankan jantung. Terapkan diet seimbang dan olahraga teratur buat menjaga berat badan permanen ideal. Jika Anda mempunyai berat badan berlebih dan kesulitan buat menurunkannya, bicarakan menggunakan dokter atau ahli gizi mengenai langkah-langkah yg wajib  dilakukan.  


  • Hati-hati menggunakan pemakaian obat. Apabila Anda diresepkan obat sang dokter, gunakanlah sesuai instruksi. Jangan pernah meningkatkan takaran tanpa supervisi dokter.'


Apabila Anda telah didiagnosis menggunakan gagal jantung kongestif, Anda tetap dapat menerapkan 5 langkah pada atas buat mengontrol tanda-tanda. Pastikan buat berkonsultasi menggunakan dokter terkait jenis, frekuensi, & intensitas olahraga yang kondusif. Temui dokter Anda secara teratur buat memonitor kondisi.


Sumber: Klikdokter

0 Response to "Begini 5 cara Mudah Untuk Mencegah Gagal Jantung Kongestif yang Sangat Ampuh"

Post a Comment